Adasemuanya’s Blog

Just another WordPress.com weblog

  • Team of Kedai-Muslim.Com

  • Customer Service

ikhlaskaN niaT

Posted by adasemuanya pada Januari 30, 2009

abu utsman berkata: ikhlas yg benar adalah tidak menghiraukan perhatian makhluk karena terus menerus memperhatikan Al Kholiq. sedangkan ikhlas itu sendiri adalah engkau menginginkan keridhoan Alloh dengan hatimu, ucapanmu, dan amalanmu disertai rasa takut dari kemurkaanNya, seakan engkau melihatNya disertai keyakinan bahwa Dia melihatmu; sehingga musnahlah riya’ dari hatimu. kemudian ingatlah bahwa semua itu atas karunia dan pemberian Alloh kepadamu. Allohlah yang memberi petunjuk kepadamu untuk mengerjakan dan melakukan suatu amal perbuatan dengan karuniaNya tersebut. bila kamu bisa bersikap demikian, penyakit ujub bisa hilang dari hatimu. dan bersikap lemah lembutlah dalam setiap amal perbuatanmu, agar penyakit terburu- buru bisa hilang dari hatimu. sikap tergesa itu mengikuti hawa nafsu, sedangkan kelembutan mengikuti sunnah. apabila engkau telah menyelesaikan amalmu, maka hendaklah hatimu merasa khawatir dan takut kepada Alloh kalau amalmu tidak diterima. dr SITTU DUROR.
kesimpulane, untuk mudahnya: ikhlas tu dengan jujur tujukan ibadah pada Alloh semata, tahu Alloh liat kmu, ato kmu seakan liat Alloh. harap pahala surga dan Wajah Alloh, takut hukuman nar Nya. bersyukur atas taufik dan hidayahNya biar kmu tak sombong akan ibadahmu. jd tak perlu riya’. kmu juga tidak tergesa. kmu tenang dan sabar, hingga ibadahmu benar kyak nabi bukan karangan dan nuruti nafsu. ni jg bukri iman yg perlu sabar. gak cara praktisnya tanpa prosesnya. lalu klo selesai, kmu takut ibadahmu jngn2 gak diterima krn kurang ikhlas ato krng benar. biar kmu gak sombong dan tetap berdo’a agar Alloh terima ibadahmu.
simple lagi: jujur, roja’-penuh harap, iman, ihsan, syukur, rifq-tenang, khouf-khawatir >>> maka senantiasa perlu muhasabah di awal, tengah, dan akhir ibadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: